Analisis Kecelakaan Lalu Lintas Di Jalan Panji Kabupaten Malang
Abstract
Kecelakaan lalu lintas merupakan kejadian yang sulit diprediksi kapan dan dimana terjadinya, tidak hanya trauma, cedera, ataupun kecacatan tetapi juga kematian. Kecelakaan di jalan raya dapat terjadi akibat sarana dan prasarana yang kurang memadai, faktor kurang hati hati pengemudi, pelanggaran peraturan lalu lintas, faktor kendaraan dan kondisi jalan. Jalan Panji menjadi daerah yang memiliki blackspot yang cukup tinggi dikarenakan sering terjadinya kecelakaan lalu lintas dan menimbulkan korban. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karateristik lalu lintas,menganalisis daerah rawan kecelakaan dan dan altenatif penanganan kecelakaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode EAN digunakan untuk menghitung angka kecelakaan setiap titik, BKA untuk mengidentifikasi batasan tingkat kecelakaan dengan nilai rata-rata seluruh angka kecelakaan yang terjadi, UCL untuk menentukan daerah rawan kecelakaan dengan tingkat per segmen/ blacksite sehingga diperoleh titik kecelakaan/blackspot. Kesimpulan dari penelitian ini kecelakan dari tahun 2017 sampai 2022, dengan jumlah kejadian yaitu 51 kejadian, kejadian terbesar tahun 2017 merupakan jumlah kecelakaan paling terbanyak dengan 17 kejadian, nilai EAN kritis, daerah rawan kecelakaan (Black Spot) pada ruas Jalan Panji yaitu pada : STA 0+000 - 0+500 , STA 1+500 - 2+000 , STA 2+000 - 2+300, (EAN > EANc = 96,48), Nilai Batas Kontrol Atas (EAN > BKA) = 115, Nilai Upper Control Limit (EAN > UCL) = 103, Dari hasil survei terdapat beberapa poin yang perlu perbaikan/perubahan penambahan tanda-tanda lalu lintas/marka jalan yang dilakukan secara kontinu menurut kebutuhan seperti penambahan rambu-rambu lalu lintas untuk mengiatkan pengendara lebih berhati-hati.
Kata Kunci : Karateristik, analisis kecelakaan, Alternatif.
Traffic accidents are events that are difficult to predict when and where they will occur, not only trauma, injury or disability but also death. Accidents on the highway can occur due to inadequate facilities and infrastructure, drivers being careless, violations of traffic regulations, vehicle factors and road conditions. Jalan Panji is an area that has quite a high number of black spots due to the frequent occurrence of traffic accidents and causing casualties. The aim of this research is to determine traffic characteristics, analyze accident-prone areas and alternative accident handling. The method used in this research is the EAN method used to calculate the number of accidents at each point, BKA to identify the limits of the accident level with the average value of all the number of accidents that occur, UCL to determine accident-prone areas at a level per segment/blacksite so that accident points are obtained. /blackspot. The conclusion of this research is that there were accidents from 2017 to 2022, with a total of 51 incidents, the largest incident in 2017 was the highest number of accidents with 17 incidents, the EAN value was critical, the accident-prone area (Black Spot) on the Jalan Panji section was at: STA 0+000 - 0+500 , STA 1+500 - 2+000 , STA 2+000 - 2+300, (EAN > EANc = 96.48), Upper Control Limit Value (EAN > BKA) = 115, Upper Value Control Limit (EAN > UCL) = 103, From the survey results there are several points that need improvement/changes, adding traffic signs/road markings which are carried out continuously according to needs, such as adding traffic signs to encourage drivers to be more careful .
Keywords: Characteristics, accident analysis, alternatives.
References
Peraturan Daerah. (2010). Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Malang.
Dharma, A. (n.d.).(Study Kasus Jalan Dalu-Dalu sampai Pasir Pengaraian ).1(1), 1–6.
Fahza, A., & Widyastuti, H. (2019). Analisis Daerah Rawan Kecelakaan Lalu Lintas pada Ruas Jalan Tol Surabaya-Gempol. Jurnal Teknik ITS, 8(1), 54–59. https://doi.org/10.12962/j23373539.v8i1.42123
Juwita, F., & Maharani, F. (2021). Metode Accident Rate Dalam Analisis Kecelakaan Lalu Lintas. 1, 1–9.
Maulida, N., Agustin, I. W., Utomo, D. M., Suprapto, J. A., Rahmat, J. B., Kawi, J., Sugiono, J. K., & Priyosudarmo, J. S. (2020). Tingkat kecelakaan ruas jalan rawan kecelakaan di kota malang. 9(0341), 19–28.
Pranata, R. I. (2019). Analisis Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas Di Jalan Prof. Ida Bagus Mantra (Ruas Tohpati – Kusamba). November.
Putra, A. A., & Desrimon, A. (2015). Analisis Daerah Rawan Kecelakaan Lalu Lintas. Journal of the Society of Mechanical Engineers, 121(1191), 47. https://doi.org/10.1299/jsmemag.121.1191_47
Siregar, R. F., Paisah, N., & Pakpahan, A. (2022). Publikasi Oleh Fakultas Teknik Universitas Graha Nusantara Analisis Kecelakaan Lalu Lintas (Black Site) Pada Ruas Jalan H . T . Statika Vol . 5 No . 1 , April 2022 Publikasi Oleh Fakultas Teknik Universitas Graha Nusantara Hal : 14-30. 5(1), 14–30.
Sugiyanto, G., & Fadli, A. (2016). Identifikasi Lokasi Rawan Kecelakaan Lalu Lintas Dengan Metode Batas Kontrol Atas Dan Upper Control Limit. Jurnal Program Studi Teknik Sipil …. https://scholar.archive.org/work/u4vfti5g75bybfapksrs5lwcz4/access/wayback/https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jtsp/article/downloadSuppFile/10768/1521
Putra, A. A., & Desrimon, A. (2015). Analisis Daerah Rawan Kecelakaan Lalu Lintas. Journal of the Society of Mechanical Engineers, 121(1191), 47. https://doi.org/10.1299/jsmemag.121.1191_47